Widget HTML #1

10+ Soal Tes Masuk Kebidanan Beserta Jawaban

Soal Tes Masuk Kebidanan Beserta Jawaban – Jurusan Kebidanan merupakan salah satu jurusan favorit bagi kaum hawa yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Bukan hanya di PTN, jurusan kebidanan bahkan sudah mulai ada dalam jenjang sekolah menengah atas khususnya SMK.

Melimpahnya peminat jurusan ini membuat banyak PTN maupun PTS yang membukan jurusan kebidanan ini. Bahkan akademi kebidanan pun banyak yang berdiri belakangan ini.

Selain bergengsi, lulusan kebidanan juga memiliki prospek kerja yang sangat bagus nantinya. Mereka bisa membuka praktek bersalin, kerja di rumah sakit terkemuka, atau menjadi PNS/ASN formasi bidan.

Banyaknya peminat membuat persaingan untuk masuk jurusan ini juga sangat ketat. Jika tidak mempersiapkan diri dengan sangat baik, niscaya akan susah untuk lulus. Nah, dalam artikel ini akan membahas contoh soal tes masuk kebidanan beserta jawaban.

Soal Tes Masuk Kebidanan Beserta Jawaban

Soal Tes Masuk Kebidanan Beserta Jawaban

Untuk masuk jurusan kebidanan biasanya diadakan beberapa kali seleksi seperti tes tertulis, tes wawancara, dan ada juga yang mensyaratkan tes psikotes.

Dalam tes tertulis umumnya diberikan soal pengetahuan dasar dalam hal kebidanan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kalian mempersiapkan diri dengan rajin mengerjakan latihan soal.

Berikut ini adalah beberapa contoh soal tes masuk kebidanan beserta jawaban yang dapat membantu kalian berlatih. Dikutip dari buku Peringkat 1 SKB CPNS Bidan 2021/2022.

Contoh Soal Kompetensi Kebidanan

1. Suatu keadaan setelah plasenta lahir sampai kembalinya alat kandungan seperti semula disebut…

A. Konsepsi

B. Nidasi

C. Persalinan

D. Puerperium

E. Kontraksi

2. Faktor-faktor yang mempengaruhi persalinan adalah…

A. Power

B. Passenger

C. Passage

D. Psikologi

E. Semua benar

3. Fase dilatasi maksimal berlangsung selama…

A. 1 jam dengan pembukaan 3-4 cm

B. 2 jam dengan pembukaan 3-4 cm

C. 2 jam dengan pembukaan 4-9 cm

D. 2 jam dengan pembukaan 9-10 cm

E. 1 jam dengan pembukaan 4-9 cm

4. Seorang perempuan berusia 28 tahun datang ke klinik bersalin. Keluhan telah memakai pil kombinasi selama 1 tahun, sekarang mengalami bercak-bercak pendarahan di luar haid. Dari hasil pemeriksaan TTV normal, muka berjerawat dan BB menikmat 15 kg.

Apakah masalah gangguan haid pada kasus di atas?

A.Menoragia

B. Metroagia

C. Polimenorhea

D. Oligomenorhea

E. Hipermenorhea

5. Ny. F umur 22 tahun G1 P0 A0, hamil 40 minggu, datang ke RS dengan riwayat DM. Saat ini sedang dalam proses persalinan kala II. Setelah kepala janin lahir, tidak terjadi putaran paksi luar. Diagnosa untuk Ny. F adalah…

A. Partus lama

B. Distosia bahu

C. Partus tak maju

D. Pertus serotinus

E. Partus presipitatus

6. Seorang perempuan umur 29 tahun, belum ingin hamil lagi. Datang ke Bidan Praktik Mandiri, mengatakan tadi malam baru melakukan hubungan seksual pada masa subur padahal ia tidak menggunakan alat kontrasepsi. Apakah tindakan bidan pada kasus tersebut?

A. AKBK

B. Morning after pil

C. Kontrasepsi suntik

D. Kontrasepsi darurat

E. Kontrasepsi pil mini

7. Seorang perempuan umur 26 tahun tengah hamil 9 bulan. Hasil pemeriksaan dalam pembukaan lengkap, penurunan kepala di Hodge IV, sudah dipimpin mengejan sejak 2 jam lalu, bayi belum lahir. Apakah diagnosis yang tepat?

A. Precipitatus

B. Partus lama

C. Partus macet

D. Partus normal

E. Partus tak maju

8. Setiap bulan seorang ibu selalu membawa anaknya berkunjung ke posyandu untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Saat ini bayi tersebut berumur 1 tahun. Berapakah jumlah gigi susu yang seharusnya dimiliki bayi tersebut?

A. 6-8 gigi susu

B. 4-6 gigi susu

C. 2-4 gigi susu

D. 8-10 gigi susu

E. 10-12 gigi susu

9. Nn. C umur 29 tahun seorang tunasusila datang ke tempat bidan mengeluh sakit di perut bagian bawah, mengalami pendarahan dan demam. Dari hasil anamnesis ia menggugurkan kandungan pada dukun 10 hari yang lalu. Pengguguran kandungan yang dilakukan Nn. C dalam istilah medis disebut…

A. Abortus iminens

B. Abortus incipiens

C. Abortus provokatus

D. Abortus habitualis

E. Abortus incomplentus

10. Merujuk pada soal no. 9, sesuai keluhan yang dirasakan, paling mungkin Nn. C mengalami…

A. Cystitis

B. Salpingitis

B. Endometriosis

D. Appendicitis

E. Abortus infeksious

Kunci Jawaban

  1. D
  2. E
  3. C
  4. D
  5. B
  6. D
  7. C
  8. D
  9. C
  10. E

Demikian informasi terkait dengan contoh soal tes masuk kebidanan beseta jawaban yang dapat kami bagikan. Semoga bisa membantu kalian lulus PTN favorit jurusan kebidanan.

Post a Comment for "10+ Soal Tes Masuk Kebidanan Beserta Jawaban"