Cara Aktivasi Akun My SAPK BKN

My SAPK BKN – Kali ini Macca.My.ID akan menjelaskan tentang aplikasi MySAPK BKN dan cara aktivasi akun. Jika anda adalah seorang ASN atau PPT yang belum melakukan aktivasi akun diaplikasi MySAPK BKN, maka anda telah berada di tempat yang benar.

Cara Aktivasi Akun My SAPK BKN
Cara Aktivasi Akun My SAPK BKN

Pada dasarnya anjuran untuk melakukan verifikasi data ASN dan PPT telah dikeluarkan oleh BKN melalui Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: 87 tahun 2021tentang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negaradan Pejabat Pimpinan Tinggi Non Aparatur Sipil Negarasecara Elektronik tahun 2021.

Dalam surat keputusan yang dikeluarkan tanggal 10 mei 2021 tersebut telah jelas tujuan daripada aplikasi MySAPK BKN tersebut. Bahwa untuk  memperoleh  data  Aparatur  Sipil Negara yang  akurat,  terkini  dan  terintegrasi  yang  mendukung terwujudnya  Satu  Data  Aparatur  Sipil  Negara sesuai dengan  prinsip  Satu  Data  Indonesia,  perlu  dilakukan pemutakhiran   data   mandiri   Aparatur   Sipil   Negara dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Namun hingga sekarang masih banyak ASN dan PPT yang melakukan verifikasi data dikarenakan karena kurangnya pemahaman tentang bagaimana cara mengaktifkan aplikasinya.

Aplikasi MySAPK BKN

Apa itu MySAPK BKN? Mungkin sebagian dari anda belum mengerti dengan aplikasi tersebut. My SAPK BKN adalah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian Badan Kepegawaian Negara yang berfungsi untuk memudahkan PNS di seluruh instansi, agar dapat mengakses data kepegawaian, di antaranya Data Profil PNS, KPE Virtual, Notifikasi Layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan, Taspen dan lainnya. Sehingga diharapkan data kepegawaian secara nasional akan lebih akurat.

Jadi bisa anda lihat jika fungsi dari aplikasi tersebut sangatlah lengkap. Hanya dalam satu aplikasi, semua data anda terkoneksi dengan data yang lain sehingga proses penarikan data secara nasional akan lebih cepat. Hal ini tentu akan mengurangi ketidaksinkronan data pegawai dari satu kementerian dengan kementerian yang lain.

Makanya daripada menunggu hingga tenggat waktu yang diberikan oleh BKN, alangkah bagusnya jika anda memulai dengan mengaktifkan akun anda. Silahkan anda ikuti langkah -langkah berikut ini.

Aktivasi Akun MySAPK BKN

Agar dapat menggunakan aplikasi MySAPK BKN terlebih dahulu anda perlu mengunduhnya di Google Play Store. Cukup ketikkan nama aplikasi kemudian cari. Setelah aplikasinya anda dapatkan, silahkan laukan instalasi seperti jika anda menginstal aplikasi-aplikasi lain.

Nah langkah aktivasinya, silahkan anda ikuti panduan berikut ini.

  1. Buka aplikasi MySAPK BKN yang telah anda download
  2. Masukkan NIP Baru Anda (contoh:195407012005021009)
  3. Klik " lupa password"
  4. Muncul Menu  Masukkan Pasword baru (gunakan angka dan huruf, minimal 1 huruf kapital)
  5. Akan muncul notifikasi jika Token baru telah dikirimkan ke alamat email anda.
  6. Masukkan Token (Token didapatkan dari Email, Email adalah yg sudah terkirim ke BKPSDM)
  7. Reset password
  8. Kembali ke menu login, masukkan NIP dan PASSWOR yang baru anda buat.
  9. Klik Login
  10. Jika tampilan dashboard telah tampil dan data anda telah muncul, berarti anda telah berhasil aktivasi.
  11. Silahkan catat dan simpan baik-baik Password anda.

Nah, sampai disini anda telah berhasil melakukan Aktivasi Akun My SAPK BKN. Silahkan cek data-data anda. Apabila ada yang kurang tepat tinggal anda koordinasikan dengan dinas terkait.

Akhir Kata

Demikian informasi kami mengenai Cara Aktivasi Akun My SAPK BKN. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk segera melakukan aktivasi akun anda.