Widget HTML #1

Soal Latihan Tes Bakat Skolastik PPPK Online | Gratis

Macca.My.ID Soal Latihan Tes Bakat Skolastik PPPK – Halo kawan-kawan pejuang PPPK, sudahkah anda mempersipkan diri untuk menghadapi tes seleksi penerimaan ASN PPPK 2021 mendatang? Apa saja yang telah kalian persiapkan?

soal latihan tes bakat skolastik pppk

Salah satu yang paling utama kalian persiapkan selain berkas persyaratan pendaftaran PPPK yaitu kemampuan untuk menghadapi tes ujian sebenarnya. 

Tes yang paling utama tentunya adalah tes kemampuan dasar peserta seleksi yang dirangkum dalam beberapa rangkaian tes mulai dari tes kemampuan teknis, kemampuan manajerial, kemampuan integritas, dan kemampuan bakat skolastik.

Soal Latihan Tes Bakat Skolastik PPPK

Dalam artikel kali ini admin akan membagikan latihan soal tes bakat skolastik sebanyak 55 nomor soal. Tes bakat skolastik sendiri memiliki beberapa subtes diantaranya, Tes Bakat Skolastik Kemampuan Kuantitatif Aritmetika, Tes Bakat Skolastik Geometri dan Logika Matematika, dan Soal Tes Bakat Skolastik Kemampuan Penalaran (logis dan analitis).

Pernahkan kalian menemukan soal seperti ini:

Maryadi  mempunyai  5  pasang  pakaian  yang  berbeda  wanna.  Celana  panjang  yang dipunyai adalah warna : coklat, biru, abu-abu, hijau dan hitam. Sedangkan warna baju adalah biru, putih, pink, tosca dan kuning. Dia ingin mengenakan 5 pasang yang berbeda untuk setiap han kerja (senin hingga jumat). Agar serasi dan memenuhi ketentuan, maka ia menetapkan pemakaian pakaiannya tersebut:

1. Baju biru dipakai pada hari senin

2. Celana hijau tidak cocok dengan pink dan kuning

3. sehabis celana coklat, dia mengenakan celana hijau

4. Baju biru dipakai dengan celana biru

5. Han jumat dia memakai baju putih

6. Baju kuning dipakai setelah baju biru

7. Celana coklat dipakai pada haru rabu Pada hari apa dia mengenakan Baju Pink? 

A. Senin

B. Selasa 

C. Kamis 

D. Jumat 

E. Rabu

Atau soal seperti ini

Semua bunga mawar tanaman berduri. 

Beberapa tanaman berduri disukai serangga. 

Maka …

A. Semua bungan mawar disukai serangga

B. Beberapa serangga menyukai bunga mawar

C. Beberapa serangga tidak menyukai bunga mawar

D. Tidak mungkin ada serangga yang menyukai bunga mawar

E. Tidak dapat disimpulkan

Kedua jenis soal tersebut masuk dalam kategori soal tes bakat skolastik, dimana diperlukan kemampuan penalaran untuk dapat memecahkan jenis soal tersebut. Soal-soal seperti ini rata-rata sudah masuk ke dalam kategori soal HOTS (high order thingking skills) yang memang membutuhkan kemampuan analisa dan berpikir diatas rata-rata.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja kalian ikuti tryout latihan soal tes bakat skolastik PPPK yang telah kami sediakan berikut ini.

Bagaimana pemahaman kalian setelah mengikuti tryout soal diatas? Apakah ada perubahan? Saya harap melalui contoh soal tes bakat skolastik yang diberikan mampu menambah pengalaman dan pengetahuan dalam menyelasaikan soal seperti itu.

Bagaimanapun soal yang akan muncul dalam tes sebenarnya tidak sama persis dengan apa yang telah kalian kerjakan namun setidaknya telah memberikan gambaran bentuk-bentuk soal yang akan muncul.

Demikian latihan soal tes bakat skolastik PPPK kali ini. Nantikan tryout berikutnya. Semoga bemanfaat.

Post a Comment for "Soal Latihan Tes Bakat Skolastik PPPK Online | Gratis"