Widget HTML #1

Contoh Soal AKM Numerasi Fase A (Kelas 1 dan 2) Kurikulum Merdeka

Artikel ini berisi contoh soal AKM Numerasi Fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI Kurikulum Merdeka. Cakupan materi yang terkandung di dalamnya yaitu Pengukuran dan Bangun Geometri.

Soal AKM Numerasi Fase A (Kelas 1 dan 2) Kurikulum Merdeka

Soal AKM Numerasi Fase A Geometri Kurikulum Merdeka ini telah disusun berdasarkan Prinsip Pembelajaran dan Prinsip Asesmen pada Kurikulum Merdeka.

Contoh soal akm numerasi fase a

Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut:

  • Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian murid, sesuai dengan kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan murid yang beragam. Dengan demikian, pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.
  • Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas murid menjadi pembelajar sepanjang hayat.
  • Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter murid secara holistik.
  • Pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan, dan budaya murid, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra.
  • Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.

Prinsip Asesmen Kurikulum Merdeka

Prinsip asesmen adalah sebagai berikut:

  • Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk guru, murid, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.
  • Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.
  • Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan tentang langkah selanjutnya, dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran yang sesuai ke depannya.
  • Laporan kemajuan belajar dan pencapaian murid bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.
  • Hasil asesmen digunakan oleh murid, guru, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Contoh Soal AKM Numerasi Fase A Geometri Kurikulum Merdeka 

Detail Kompetensi

Pengukuran

  • Mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam) dan volume (liter). (3 soal)

Bangun Geometri

  • Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran. (4 soal)
  • Mengenal balok dan kubus. (3 soal)

Teks 1: Di sekolah dasar dilakukan pengukuran tinggi badan siswa. Berikut data tinggi badan lima siswa di suatu sekolah dasar.

Nama Tinggi Badan
Titis 123 cm
Siti 118 cm
Maryam 140 cm
Dinar 125 cm
Asep 137 cm

1. Siswa yang paling pendek berdasar data di atas adalah .... 

A. Dinar

B. Siti

C. Asep

Teks 2 : Gambar

Contoh Soal AKM Numerasi Fase A

Gambar di atas merupakan Masjid Muhammad Cheng Hoo di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Bentuk Masjid yang menyerupai Klenteng merupakan tanda perdamaian umat beragama. Masjid ini merupakan bukti toleransi Suku Jawa dan Etnis Tionghoa.

Pada bangunan Masjid juga terdapat berbagai bentuk bangun datar. Perhatikan bentuk-bentuk bangun datar yang diperjelas dengan warna kuning

2. Bangun datar persegi panjang ditunjukkan oleh huruf .... 

A. A

B. B

C. E

3. Berilah tanda ceklis (√) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan!

Pernyataan A. Benar B. Salah
Gambar C dan D berbentuk Lingkaran O O
Gambar A dan B berbentuk Segi empat O O

Teks 3: Sarang Lebah

Contoh Soal AKM Numerasi Fase A

4. Apakah bentuk sarang lebah tersebut? 

A. segi empat.

B. segi enam.

C. segi delapan.

5. Manakah pernyataan yang benar sesuai dengan bentuk sarang lebah tersebut? Jawaban benar dapat lebih dari satu.

A. memiliki enam sisi.

B. memiliki dua permukaan datar.

C. memiliki enam sudut.

Teks 4: Mainan Kotak Kayu Zafran

Contoh Soal AKM Numerasi Fase A

6. Diantara benda berikut yang bentuknya sama dengan mainan Zafran adalah

Contoh Soal AKM Numerasi Fase A

7. Zafran menumpuk 5 kotak kayu tepat bersisian. Tumpukan tersebut membentuk tugu berdiri. Berilah tanda ceklis (√) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan mengenai tumpukan kotak kayu tersebut!

Pernyataan A. Benar B. Salah
Mempunyai 6 sisi O O
Mempunyai 8 titik sudut O O

8. Zafran menggabung dan menyusun beberapa mainan kayunya sehingga membentuk suatu bangun ruang. Berilah tanda ceklis (√) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan!

Pernyataan A. Benar B. Salah
Empat mainan kotak kayu dapat membentuk bangun kubus O O
Sembilan mainan kotak kayu dapat membentuk bangun balok O O

Teks 5: Berangkat Ke Sekolah

Contoh Soal AKM Numerasi Fase A

9. Pasangkan pernyataan berikut dengan jawaban yang sesuai dengan kondisi perjalanan dari rumah ke sekolah! *

Pernyataan A. 200 meter B. 300 meter C. 600 meter D. 500 meter
Selisih jarak rumah Riyan dan Andi O O O O
Selisih jarak rumah Santi dan Ryan O O O O
Selisih jarak rumah Andi dan Santi O O O O

Teks 6: Bu Rahma pergi ke pasar membeli buah semangka, mangga, dan pepaya. Ketika ditimbang didapatkan hasil seperti gambar berikut.

Contoh Soal AKM Numerasi Fase A

 10. Penjual menyatakan bahwa 'Semua buah-buahan tersebut dapat dimasukkan ke dalam tiga tas plastik, jika satu tas plastik dapat memuat 4 kg'. Apakah menurutmu, pernyataan penjual tersebut benar? Berikan alasanmu!

Jawab: ......

Kunci Jawaban dapat Anda lihat disini: 

Kunci jawaban contoh soal AKM numerasi Fase A Geometri Kurikulum Merdeka

Demikian Contoh Soal AKM Numerasi Fase A (Kelas 1 dan 2) Kurikulum Merdeka yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

Post a Comment for "Contoh Soal AKM Numerasi Fase A (Kelas 1 dan 2) Kurikulum Merdeka"