Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 1 Tema 8 Lengkap dengan Kunci Jawaban

soal pas kelas 1 tema 8
Macca.My.ID – Soal PAS Kelas 1 Tema 8 – Pada postingan kali ini, Bola Macca akan membagikan latihan Soal Penilaian Akhir Semester yang sering juga disebut dengan UKK Kelas 1 Tema 8. 

Soal PAS Tema 8 kelas 1 SD MI berikut ini disusun berdasarkan materi subtema 1 hingga subtema 4 dari buku pegangan siswa kelas 1.

Soal PAS Kelas 1 Tema 8

Jumlah soal PAS Tema 8 sebanyak 30 nomor soal dengan rincian 20 nomor soal pilihan ganda dan 10 nomor essay berupa isian singkat.

Tema 8 sendiri membahas tentang Peristiwa Alam dengan sub materi Peristiwa Siang dan Malam, Kemarau, Penghujan, dan  Bencana Alam. 

Kisi-kisi Soal Pas Kelas 1 Tema 8 

PPKn

Kompetensi Dasar: Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang  negara “Garuda Pancasila”.

Indikator: 

  • siswa dapat menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila dengan benar
  • siswa mampu menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan sila kelima baik simbol maupun bunyi dengan benar

Kompetensi Dasar: Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan  sehari-hari di rumah.

Indikator: 

  • siswa dapat menggali informasi dan menyampaikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan pemanfaatan air.
  • siswa dapat menyebutkan aturan dan mempresentasikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan penggunaan air bersih.

Kompetensi Dasar: Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di rumah.

Indikator: 

  • siswa dapat menyebutkan dan mempresentasikan bentuk kerja sama yang dilakukan di rumah.
  • siswa dapat menggali informasi serta menceritakan mengenai kegiatan kerja sama yang dilakukan di rumah untuk mengatasi masalah bersama anggota keluarga
  • siswa dapat menggali informasi tentang aturan makan di rumah dengan tepat.

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar  : Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.

Indikator:

  • siswa dapat menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat
  • siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata berkaitan dengan peristiwa siang/malam hari dengan benar.

Kompetensi Dasar : Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Indikator:

  • siswa dapat menulis dan menggunakan ungkapan kalimat pujian secara lisan atau tulisan
  • siswa dapat mengungkapkan kalimat pujian dan memberikan tanggapan tentang kalimat pujian tersebut
  • siswa dapat menjelaskan ungkapan pujian secara lisan atau tulisan dengan tepat
  • siswa dapat menunjukkan ungkapan kalimat permintaan tolong
  • siswa dapat mengungkapkan kalimat terima kasih dan memberikan tanggapan tentang kalimat terima kasih yang diungkapkan oleh teman
  • siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan ungkapan terima kasih secara lisan atau tulis dengan tepat.

Matematika

Kompetensi Dasar : Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/situasi konkret.

Indikator: 

  • siswa mampu mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku dengan benar
  • siswa mampu mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku dengan benar
  • siswa dapat menentukan urutan berat benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku berupa benda/situasi konkret.
  • siswa dapat menentukan urutan berat benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku berupa benda/situasi konkret.
  • siswa  dapat mengidentifikasi persamaan dan perbedaan lamanya waktu menggunakan alat ukur tidak baku.
  • siswa dapat mengidentifikasi persamaan/perbedaan suhu benda dengan satuan ukur tidak baku.
  • disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi persamaan/perbedaan suhu benda dengan satuan ukur tidak baku.

SBDP

Kompetensi Dasar : Mengenal elemen musik melalui lagu.

Indikator: 

  • siswa dapat membedakan tinggi rendah bunyi dalam lagu “Pemandangan” dengan tepat

Kompetensi Dasar : Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.

Indikator: 

  • siswa dapat mengidentifikasi dan memeragakan gerak anggota tubuh sesuai iringan

Kompetensi Dasar : Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi

Indikator: 

  • siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan teknik konstruksi secara tepat

Kompetensi Dasar : Mengenal bahan alam dalam berkarya.

Indikator: 

  • siswa dapat memahami karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan dari tanah.

PJOK

Kompetensi Dasar : Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.

Indikator: 

  • siswa mampu mengenal berbagai jenis aktivitas air dengan tepat.
  • siswa dapat melakukan aktivitas air bersama teman
  • siswa melakukan aktivitas penyelamatan di air dengan benar
  • siswa dapat mempraktikkan cara menjaga keselamatan dalam aktivitas air

Langsung aja, kerjakan Latihan Soal PAS Kelas 1 Tema 8 Berikut ini.

Demikianlah Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 1 Tema 8 SD MI yang dapat admin bagikan kali ini. Lihat juga:

Soal PAS Kelas 1 Tema 8 Kurikulum 2013 SD/MI

Soal PAS Kelas 2 Tema 8 Kurikulum 2013 SD/MI

Soal PAS Kelas 3 Tema 8 Kurikulum 2013 SD/MI

Soal PAS Kelas 4 Tema 8 Kurikulum 2013 SD/MI

Soal PAS Kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 SD/MI

Semoga bermanfaat buat peserta didik di rumah dan jadi referensi pembuatan soal bagi bapak dan ibu guru.