50+ Soal PJOK Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban
Soal PJOK Kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 dan kunci jawaban – Simak pembahasan dan kunci jawaban soal-soal PJOK Kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 berikut ini. Soal tersebut disusun berdasarkan silabus dan kompetensi dasar yang terdapat dalam buku guru dan buku siswa PJOK Kelas 5 SD. Buku tersebut merupakan buku resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bersama dengan BNSP dan Balitbang Kemendikbudristek.
Soal-soal PJOK yang akan Macca bagikan mencakup semua kompetensi dasar yang dipelajari selama semester genap. Soal-soal berikut merupakan soal Kelas 5 meliputi bab Kombinasi Pola Gerak Dominan pada Senam Ketangkasan Menggunakan Alat, Kombinasi Gerak Dasar Langkah dan Ayunan Lengan dalam Aktivitas Berirama, Renang Gaya Dada, Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit serta Bahaya Rokok, Minuman Keras, dan Narkoba.
Soal PJOK Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Lengkap
Soal-soal tersebut sengaja kami berikan dengan tujuan bisa membantu dan menambah wawasan peserta didik Kelas 5 semester genap tentang materi penjasorkes. Apalagi materi pelajaran PJOK ini lebih banyak mengikuti kegiatan/aktivitas dilapangan (praktik), sehingga peserta didik membutuhkan banyak latihan soal.
Untuk soal PJOK Kelas 5 SD/MI Semester 2 kami rangkum dalam beberapa bentuk soal seperti soal Pilihan ganda, essay dan menjawab soal uraian. Soal ini bisa juga dijadikan sebagai latihan untuk menjawab Soal PTS/UTS, PAS/Ujian Semester PJOK Kelas 5 Semester 2 dan juga bisa dijadikan sebagai latihan soal ulangan harian/PH PJOK Kelas 4. Untuk lebih detilnya langsung saja disimak berikut ini.
Soal PTS UTS PJOK Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Soal penilaian tengah semester atau UTS PJOK Kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 berikut ini terdiri dari 20 nomor soal pilihan ganda dan 10 nomor essay. Materi disusun dari Bab VI dan VII yang merupakan materi pertengahan semester.
Soal Penjas Kelas 5 Semester 2 Bab 6
Pilihlah jawaban yang benar!
1. Santi berlatih melompati peti lompat. Aktivitas tersebut termasuk kategori senam . . .
A. irama
B. akrobatik
C. keindahan
D. ketangkasan
2. Arif melakukan gerak dasar melompat. Saat menolak kaki, Arif menekuk lutut. Gerakan Arif dilakukan untuk . . .
A. memberi tenaga dorong yang kuat
B. menghindari cedera pada kaki
C. mendarat dengan sempurna
D. menghindari kaki terpeleset
3. Andi akan melakukan gerakan mengayun di palang tunggal. Oleh karena itu, Andi harus menguasai gerakan . . .
A. meniti
B. melempar
C. melompat
D. menggantung
4. Pada saat melompati peti lompat, diperlukan awalan lari. Fungsi awalan lari ialah . . .
A. menghindari terjadinya cedera
B. menambah dorongan lompatan
C. menyiapkan mental untuk melompat
D. menjaga keseimbangan saat melompat
5. Perhatikan beberapa jenis ayunan berikut!
1. Ayunan panjang.
2. Ayunan melecut.
3. Ayunan meluncur.
4. Ayunan tumpu depan.
Jenis ayunan yang termasuk ayunan dari gantungan ditunjukkan angka . . .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
6. Rini berjalan di balok titian. Kegiatan yang dilakukan Rini untuk melatih . . .
A. kekuatan
B. kelentukan
C. kelenturan
D. keseimbangan
7. Dalam senam lantai, bagian tubuh yang pertama kali menyentuh lantai saat mendarat ialah . . .
A. kedua tumit
B. kedua tangan
C. persendian kaki
D. ujung telapak kaki
8. Perhatikan gambar berikut!
Gerakan menggantung seperti gambar menggunakan cara pegangan. . .
A. atas
B. silang
C. bawah
D. campuran
9. Cara menjaga posisi tubuh agar posisi badan seimbang ketika meniti balok titian ialah . . .
A. berjalan dengan cepat
B. pandangan lurus ke depan
C. merentangkan kedua tangan
D. meletakkan kedua tangan di samping
10. Pendaratan setelah melompati peti lompat dilakukan dengan . . .
A. kaki
B. lutut
C. tangan
D. punggung
Jawablah dengan benar!
1. Bagaimana cara melakukan gerakan melompat?
2. Gerakan menggantung memiliki manfaat tertentu. Jelaskan dua manfaat latihan gerakan menggantung!
3. Sebutkan dua jenis ayunan dari tumpuan!
4. Deskripsikan tiga jenis latihan gerakan mendarat!
5. Kuda-kuda lompat merupakan alat dalam senam ketangkasan. Bagaimana cara melompati kuda-kuda lompat?
Soal Penjas Kelas 5 Semester 2 Bab 7
Pilihlah jawaban yang benar!
1. Sinta berdiri tegak dan kedua tangan di pinggang. Sinta melangkahkan kaki kiri ke depan diikuti langkah kaki kanan ke depan. Kemudian, Sinta melangkahkan kaki kanan sejajar kaki kiri. Akhir gerakan, Sinta merapatkan kaki kanan dan kiri. Dilihat dari gerakannya, Sinta melakukan langkah . . .
A. rapat
C. depan
B. biasa
D. samping
2. Perhatikan gambar berikut!
Aktivitas seperti gambar menunjukkan kombinasi gerak langkah . . .
A. dan ayunan lengan diikuti satu putaran lengan
B. dan ayunan lengan diikuti dua putaran lengan
C. kaki ke samping diikuti dengan ayunan lengan
D. biasa diikuti dengan ayunan lengan
3. Riko ingin melakukan kombinasi gerak langkah biasa dan ayunan lengan. Gerakan pertama yang dilakukan Riko ialah . . .
A. berdiri tegak dengan kedua tangan di pinggang
B. melangkahkan kaki kiri diikuti kaki kanan
C. merapatkan kaki kanan sesuai irama
D. melangkahkan kaki kiri ke depan
4. Ayunan lengan dalam senam irama bertujuan . . .
A. menjaga kekompakan gerakan
B. menjaga keseimbangan badan
C. memperindah gerakan
D. menyesuaikan irama
5. Perhatikan langkah-langkah berikut!
1. Sikap siap, berdiri tegak dan kedua tangan di pinggang.
2. Hitungan ke-1, langkahkan kaki kanan ke depan.
3. Hitungan ke-2, langkahkan kaki kiri ke depan sejajar kaki kanan.
4. Hitungan ke-3, rapatkan kaki kanan dan kaki kiri.
Langkah-langkah tersebut menunjukkan gerakan langkah . . .
A. samping
C. biasa
B. depan
D. rapat
6. Perhatikan gambar berikut!
Gerak pada gambar di atas menunjukkan gerakan langkah . . .
A. samping
C. depan
B. biasa
D. rapat
7. Nino melakukan gerak ayunan lengan. Saat akan mengayunkan dua lengan ke samping, posisi awal kedua lengan Nino adalah . . .
A. lurus di depan
C. berada di depan dada
B. ditekuk di pinggang
D. berada di samping badan
8. Yudi melakukan kombinasi gerak langkah dan ayunan lengan ke samping. Posisi lengan yang tepan untuk mengawali gerakan adalah . . .
A. lurus ke depan badan
B. urus ke atas kepala
C. lurus di samping badan
D. menyilang di depan badan
9. Doni berdiri tegak dan melangkahkan kaki kiri. Kedua lengan diluruskan ke depan. Lengan kiri diayunkan ke samping kiri. Gerakan ini dilanjutkan dengan ayunan lengan kiri ke depan. Gerakan yang sama untuk lengan kanan. Dari deskripsi ini, Doni melakukan gerakan ayunan . . . .
A. dua lengan ke depan dan belakang
B. dua lengan ke samping
C. satu lengan ke depan dan belakang
D. satu lengan dari depan ke samping
10. Perhatikan gambar kombinasi gerak langkah kaki ke samping dan ayunan lengan brikut!
Gerakan pada gambar dilakukan dengan cara mengayunkan . . .
A. tangan ke kiri dan kanan
B. kaki ke samping
C. tangan dengan memutar ke kiri dan kanan
D. tangan ke depan dan belakang
Jawablah dengan benar!
1. Bagaimana cara melakukan gerakan ayunan dua lengan ke depan dan belakang?
2. Dalam senam irama, terdapat gerakan langkah keseimbangan. Deskripsikan tahap-tahap melakukan gerakan langkah keseimbangan!
3. Dilla melakukan gerak langkah depan bersama Dewi. Bagaimana cara melakukan gerak langkah depan?
4. Tiara melakukan kombinasi gerak langkah biasa dengan ayunan satu lengan. Jelaskan caranya!
5. Bagaimana cara melakukan kombinasi gerak langkah ke samping dengan ayunan lengan?
Soal PAT UKK PJOK Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Soal PAT/PAS/UKK PJOK Kelas 5 semester 2 merupakan Latihan soal peserta didik menghadapi kegiatan penilaian akhir tahun. Materi dari soal ini diambil dari keseluruhan materi yang ada di semester genap ini.
Soal Penjas Kelas 5 Semester 2 Bab 8
Pilihlah jawaban yang benar!
1. Sikap awal yang tepat saat melakukan gerakan meluncur ialah berdiri . . .
A. lurus di atas kolam
B. menghadap pinggir kolam
C. membelakangi dinding kolam
D. dan menekuk kedua kaki di dalam kolam
2. Alim hendak melakukan gerakan meluncur. Posisi kaki Alim yang tepat ialah . . .
A. menjulur ke belakang
B. lurus ke depan
C. menekuk
D. merapat
3. Tumpuan kaki pada dinding kolam saat hendak meluncur bertujuan . . .
A. memberikan daya dorong
B. mempermudah gerakan kaki
C. mempermudah gerak tangan
D. menjaga keseimbangan tubuh
4. Posisi tangan yang tepat saat gerakan meluncur ialah . . .
A. menekuk di samping bahu
B. lurus dan membuka ke luar
C. lurus dan menghadap bawah
D. menekuk dan saling berhadapan
5. Perhatikan gambar berikut!
Gerakan kaki pada gambar mirip dengan gerakan . . .
A. ikan
B. katak
C. penyu
D. kupu-kupu
6. Perhatikan beberapa gerakan berikut!
1. Tangan dan kaki lurus.
2. Kedua tungkai merapat dan lurus.
3. Kaki ditekuk dan pergelangan kaki diputar ke luar.
Gerakan tersebut dilakukan pada saat . . .
A. meluncur
B. mengayunkan lengan
C. mengayunkan tungkai
D. pengambilan napas
7. Perenang harus memperhatikan posisi tubuh. Renang gaya dada dilakukan dengan posisi tubuh . . .
A. telungkup
B. menyamping
C. berbolak-balik
D. menghadap atas
8. Saat berenang gaya dada, Farhan mengayunkan lengan dan menarik ke belakang. Posisi telapak tangan menghadap . . .
A. samping
B. dalam
C. luar
D. atas
9. Teknik pengambilan napas sangat menentukan daya tahan perenang. Teknik pengambilan napas pada renang gaya dada ialah dihirup . . .
A. melalui hidung dan dikeluarkan melalui mulut
B. melalui mulut dan dikeluarkan melalui hidung
C. dan dikeluarkan melalui hidung
D. dan dikeluarkan melalui mulut
10. Salah satu gerakan untuk melatih koordinasi gerak lengan pada renang gaya dada ialah . . .
A. berdiri menghadap dinding kolam
B. menggerakkan kaki dan lengan bersamaan
C. melatih tungkai kaki berpasangan dengan teman
D. menggerakkan lengan dengan mengapit pelampung
Jawablah dengan benar!
1. Gerakan meluncur harus dikuasai perenang. Bagaimana cara melakukan gerakan meluncur yang tepat?
2. Gerakan lengan pada renang gaya dada hendaknya dilakukan secara urut. Jelaskan urutan gerakan lengan gaya dada yang tepat!
3. Teknik pengambilan napas berperan menjaga pasokan oksigen dalam tubuh. Bagaimana teknik mengambil napas yang tepat dalam renang gaya dada?
4. Bagaimana gerakan penutup dalam renang gaya dada?
5. Deskripsikan koordinasi gerakan gaya dada yang benar!
Soal Penjas Kelas 5 Semester 2 Bab 9
1. Aktivitas joging setiap pagi membuat tubuh menjadi bugar. Tubuh bugar merupakan ciri-ciri tubuh . . .
A. lelah
B. sehat
C. letih
D. lemas
2. Didi terkena penyakit flu. Upaya Didi agar teman-temannya di sekolah tidak tertular flu, ialah . . .
A. istirahat di UKS selama di sekolah
B. menutup hidung dengan tangan
C. izin pulang sekolah lebih awal
D. mengenakan masker
3. Penularan penyakit dapat dilakukan secara langsung maupun melalui vektor. Contoh penyakit yang ditularkan melalui vektor, yaitu . . .
A. antraks, rabies, dan malaria
B. rabies, malaria, dan campak
C. pes, chikungunya, dan influenza
D. demam berdarah, malaria, dan chikungunya
4. World Health Organization (WHO) menyatakan penyakit tidak menular menjadi pembunuh pertama di dunia. Seseorang dapat terkena penyakit tidak menular karena . . .
A. memiliki pola hidup tidak sehat
B. munculnya wabah penyakit di suatu wilayah
C. kontak langsung dengan penderita penyakit
D. lingkungan rumah kotor sehingga menjadi sarang nyamuk
5. Setiap orang berusaha mempunyai tubuh sehat. Upaya untuk menjaga kesehatan tubuh ialah . . .
A. menambah porsi makan
B. membaca buku kesehatan
C. memperpanjang waktu tidur siang
D. melakukan olahraga secara rutin
6. Perhatikan tabel berikut!
Jenis penyakit tidak menular ditunjukkan oleh pasangan . . .
A. X1), X2), dan Y1)
B. X1), X3), dan Y2)
C. X2), Y1), dan Y2)
D. X3), Y2), dan Y3)
7. Penyakit menular dapat disebabkan melalui perantara kutu yang menggigit hewan pengerat terinfeksi. Salah satu penyakit yang timbul melalui penularan tersebut ialah . . .
A. kusta
B. pes
C. malaria
D. chikungunya
8. Budaya hidup sehat dapat dilakukan secara mudah dan sederhana. Budaya hidup sehat dapat ditunjukkan oleh pernyataan . . .
A. Puput makan makanan dalam porsi banyak.
B. Yayat membuang sampah plastik di selokan.
C. Titik biasa mencuci tangan sebelum makan.
D. Andri makan camilan sambil berjalan.
9. Pak Ahmad memberantas jentik-jentik nyamuk. Pak Ahmad menutup penampungan air dan menguras bak mandi. Tindakan Pak Ahmad bertujuan mencegah terjangkitnya penyakit . . .
A. pes
B. rabies
C. antraks
D. chikungunya
10. Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan untuk Pencegahan Penyakit Menular. Upaya pemerintah dalam mencegah penyakit menular sebagaimana diatur dalam peraturan tersebut, yaitu . . .
A. – melakukan imunisasi
– memberikan obat secara massal
– mengisolasi penderita di pulau terpencil
B. – mengendalikan faktor risiko
– menutup akses dengan semua negara
– menemukan kasus
C. – memberikan obat secara massal
– melakukan penanganan kasus
– melakukan pemberian kekebalan
D. – melakukan imunisasi
– melakukan penanganan kasus
– mengisolasi penderita di pulau terpencil
Jawablah dengan benar!
1. Jelaskan pengertian penyakit menular menurut Peraturan Menteri Kesehatan tentang Penanggulangan Penyakit Menular!
2. Ada beberapa macam penyakit tidak menular. Tuliskan lima contoh penyakit tidak menular!
3. Ada beberapa macam penyakit menular. Sebutkan lima contoh penyakit menular!
4. Kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Bagaimana kaitan antara menjaga lingkungan dan kesehatan manusia?
5. Setiap orang menginginkan hidupnya sehat. Mewujudkan hidup sehat dapat dilakukan dengan beberapa cara. Deskripsikan lima cara hidup sehat!
Akhir Kata
Demikian Soal PJOK Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat buat para pembaca.
Post a Comment for "50+ Soal PJOK Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban"